nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sertifikasi Produk Halal Jangan Hambat Industri

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016 18:26 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 28 320 1347602 sertifikasi-produk-halal-jangan-hambat-industri-VH68skWmkA.jpg Ilustrasi Industri halal. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mengungkapkan, niatan Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang akan memberlakukan sertifikasi halal untuk produk sandang atau non-makanan, seperti pakaian dan sepatu harus dikoordinasikan terlebih dahulu sebelum benar-benar mengimplementasikannya.

"Ya tentu apa yang disampaikan oleh MUI tentu ini perlu kita juga harus koordinasi dengan pihak terkait lainnya, seperti misalnya dengan para pelaku usaha agar jangan sampai produk kita ini akhirnya mempunyai cost yang tinggi," kata Husin saat di acara HUT MNC News Ke-10 di Gedung Sindo, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Husin menyebutkan, penerapan label halal pada produk sandang jangan sampai memberikan beban tambahan bagi para pelaku usaha, sehingga berujung pada daya saing yang lemah.

"Apalagi dengan MEA, tentu barang dari negara ASEAN lainnya akan bebas masuk, dengan bea masuk 0 persen. Tentu ini harus kita pertimbangkan juga agar produk kita bisa bersaing, jangan sampai kita terlalu bebani industri kita di dalam negeri, sementara produk dari luar negeri akan bebas ntuk menguasai pasar yang ada di dalam negeri," tambahnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini