nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menperin Dicurhati Pelaku Industri yang Terbebani Label Halal

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 28 Maret 2016 18:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 03 28 320 1347605 menperin-dicurhati-pelaku-industri-yang-terbebani-label-halal-CgR0yfAMts.jpg Menteri Perindustrian Saleh Husin. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penerapan label halal pada produk sandang memiliki tujuan yang positif. Meski demikian, sosialisasi yang sudah dilakukan memberikan hasil yang kurang baik, justru banyak keluhan-keluhan para pelaku usaha.

"Ada keluhan juga beberapa pelaku usaha lainnya misalnya industri kosmetik atau industri lainnya, ada keluhannya,” ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin di acara HUT MNC News Ke-10 di Gedung Sindo, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Menperin mengakui tidak semua pelaku industri yang mengeluhkannya. Namun, Menperin menyatakan perlu membentuk pola penerapan label halal tersebut. Karena setiap jenis masing-masing industri memiliki perbedaan karakter beda sesuai dengan jenis industrinya. “Enggak bisa kita pukul rata, nanti kasihan ada yang bisa bersaing ada yang enggak," tutupnya.

Sekadar informasi, MUI mengeluarkan kembali sertifikasi halal, selain makanan dan minuman kali ini organisasi masyarakat keagamaan itu mengeluarkan sertifikasi halal terhadap produk seperti, seperti, baju, celana dan pakaian lainnya.

Ketua MUI Ma'ruf Amin mengatakan, semua produk sandang harus bersertifikasi halal, pasalnya ungkap dia ada bahan-bahan pakaian yang terbuat dari kulit babi.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini