TERPOPULER: Batman V Superman Raup Rp2,27 Triliun

Fakhri Rezy, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2016 19:44 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 29 320 1348690 terpopuler-batman-v-superman-raup-rp2-27-triliun-fVogTUlnKz.jpg Batman v Superman. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Meskipun banyak menuai kritik untuk film Batman v Superman: Dawn of Justice, namun para penonton tidak sependapat. Terbukti dari penjualan film yang telah ditunggu selama dua tahun tersebut.

Batman V Superman: Dawn of Justice ternyata menembus rekor dalam sepekan di box office dengan penjualan mencapai USD170,1 juta atau Rp2,27 triliun (Rp13.340 per USD) di dalam negeri, menurut pro.boxoffice.com. Hal ini menjadi figur terbesar dalam sepekan pembukaan film tersebut sebelum musim panas.

Mengutip laman bussinesinsider, film ini juga memecahkan rekor peluncuran terbesar dalam sepekan jelang musim panas (USD82 juta), sementara itu juga memecahkan rekor peluncuran terbesar di bulan Maret yang dipegang oleh The Hunger Games hingga USD152 juta, serta mengalahkan Furious 7 yang hanya USD147 juta dalam peluncuran sepanjang minggu Paskah.

Bahkan, Film tersebut memecahkan rekor untuk Studio film Warner Bros mengalahkan Harry Potter and the Deathly Hallows, part 2 sebesar USD169 juta.

Ini merupakan kesuksesan besar untuk Studio, khususnya, bila dibandingkan tahun lalu seperti Jupiter Ascending dan Pan. Tapi, itu juga membuktikan bahwa peluncuran film pada karakter DC Comics ( "Suicide Squad" dan "Justice League" di geladak) dapat bersaing dengan karakter Marvel yang sudah sukses yang telah mendominasi box office.

Namun, Batman v Superman menganggarkan sekira USD250 juta, hal ini membuatnya belum keluar dari gerbang anggaran.

Melihat berita akhir pekan banyak tamparan dari para kritikus. Tapi kritikan tersebut pergi begitu saja ketika film tersebut menghasilkan USD27,7 juta di saat pemutaran film pertamanya, ini menjadi preview terbesar selama minggu paskah.

Film ini kemudian mendapatkan USD82 juta pada hari Jumat, terbesar jelang musim panas mengalahkan tahun lalu "Furious 7" dengan USD67,4 juta.

Sementara itu, di luar negeri mencatat positif. Film ini telah membuat lebih dari USD115 juta pada Sabtu di 17 wilayah. Di China, film ini mencatat pembukaan terbesar di Warner Bros hingga USD57,1 juta hanya dalam tiga hari.

Alasan utama rekor tersebut, karena Warner Bros dibanjiri dengan penayangan di 35 ribu bioskop di seluruh dunia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini