Indonesia Akan Jadi Pusat Saham Syariah di Dunia

Yohana Artha Uly, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2016 03 30 320 1349208 indonesia-akan-jadi-pusat-saham-syariah-di-dunia-AOQPLVSSOd.gif Ilustrasi : Okezone

JAKARTA – Indonesia diproyeksikan menjadi pusat pasar modal syariah di dunia. Sebab, Indonesia saat ini menjadi negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

Jika dibandingkan jumlah penduduk Muslim di Timur Tengah, masih lebih besar di Indonesia. Bahkan sekalipun dengan di Afrika Timur, jumlahnya masih 79 persen dari jumlah penduduk Muslim di Indonesia.

"Ini informasi penting juga pusat pasar modal syariah di dunia itu insya Allah akan ada di Indonesia," ujar Kepala POKJA Pasar Modal Syariah BPH Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia (MUI) Iggy Achsin dalam acara Festival Pasar Modal Syariah, di BEI, Rabu (30/3/2016).

Ia menuturkan, sejumlah bank asing telah memperkirakan Indonesia akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang baik. Pada 2030, Indonesia diprediksi menjadi negara dengan perekonomian terbesar nomor empat di dunia.

"Berdasarkan ramalan, Standard Chartered, Citibank, 2030 Indonesia akan menjadi nomor empat perekonomian terbesar di dunia," katanya.

Oleh karena itu, dengan kemungkinan pertumbuhan ekonomi Indonesia dan jumlah penduduk Muslim yang besar maka Indonesia sangat berpotensi menjadi pusat pasar modal syariah di dunia.

"Bayangkan bila penduduk Muslim terbesar ini makin kaya, menempatkan dananya ke pasar modal syariah, ini akan terus bergulung dan menjadi besar," pungkasnya.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini