nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenapa MUI Ingin Pakaian Juga Disertifikasi Halal?

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 30 Maret 2016 20:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 03 30 320 1349702 kenapa-mui-ingin-pakaian-juga-disertifikasi-halal-xCXBgdhXZr.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengusulkan perlunya sertifikasi halal untuk produk-produk sandang seperti baju, celana, sepatu. Hal ini terkait permintaan masyarakat yang ingin tahu bagaimana proses pembuatan baju tersebut terjadi.

Wakil Direktur LPPOM MUI Osmena Gunawan mengatakan, dulu pakaian memang dibuat dari kapas, nilon hingga menjadi baju. Tapi, seiring berjalannya waktu dan kebebasan pasar global membuat berbagai asal usul pembuatan pakaian pun mulai dipertanyakan.

"Di sanalah kadang orang risih dan ingin tau pakaian ini bagaiamana dibuatnya. Nah ini yang dipertanyakan," tuturnya di Tawamanggu Terrace Jakarta, Rabu (30/3/2016).

Menurutnya, sertifikat merupakan kebutuhan setiap umat di dunia, bagaimana mereka mendapatkan produk yang aman dan penuhi syariah yang ada.

"Kemajuan zaman kan banyak produk yang sudah tidak diketahui asal usulnya. Karena itu sertifikasi untuk sandang diperlukan karena kebutuhan nyaman batin masyarakat harus dipenuhi," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini