nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hemat Listrik Mesin Cuci, Ini Contekannya

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Minggu 03 April 2016 14:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 03 470 1352624 hemat-listrik-mesin-cuci-ini-contekannya-Zz1vBcLNOb.jpg Foto: Houstohome

JAKARTA - Tagihan listrik yang besar kerap membuat pusing kepala. Namun jangan khawatir, dengan berhemat pemakaian dari alat elektronik maka setidakknya bisa mengurangi pengeluaran.

Untuk urusan mesin cuci, ukuran itu penting. Memiliki mesin cuci besar berarti Anda lebih jarang mencuci, sehingga memangkas tagihan listrik dan air serta berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan. Walaupun demikian, mesin cuci ukuran kecil merupakan pilihan yang lebih masuk akal jika Anda tinggal sendirian atau hanya berdua di rumah.

Kelebihan muatan atau kekurangan muatan di dalam tabung mesin cuci sering terjadi jika Anda tidak memilih ukuran mesin cuci yang sesuai dengan ukuran rumah tangga Anda. Menjejali tabung mesin cuci dengan terlalu banyak cucian bisa menyebabkan cucian hanya berputar-putar mengikuti putaran tabung, tetapi tidak bergerak bebas saling bergesekan sehingga deterjen pun lebih sulit menjelajah bagian-bagian cucian.

Berikut ini panduan beban cucian selama satu minggu yang bisa ditambahkan ke dalam tabung mesin cuci berdasarkan kapasitasnya. Panduan ini berlaku untuk tipe mesin cuci bukaan atas dan bukaan depan, seperti dikutip cleanpedia, Minggu (3/3/2016).
1. Kekuatan 5 kg: 25 kaus atau kemeja katun (2 penghuni rumah)
2. Kekuatan 6 kg: 30 kaus atau kemeja katun (2 penghuni rumah)
3. Kekuatan 7 kg: 35 kaus atau kemeja katun (2-3 penghuni rumah)
4. Kekuatan 8 kg: 40 kaus atau kemeja katun (3-4 penghuni rumah)
5. Kekuatan 9 kg: 45 kaus atau kemeja katun (4-5 penghuni rumah)
6. Kekuatan 10 kg: 50 kaus atau kemeja katun (lebih dari 5 penghuni rumah)
Sesuaikan panduan ini dengan bahan, jenis, dan ukuran cucian. Kurangi jumlah muatan untuk cucian berbahan tebal, jaket, jeans, dan kain-kain besar, seperti seprai, gorden, selimut, dsb.
Untuk menyesuaikan jumlah muatan, bandingkan ukuran tumpukan cucian kotor. Misalnya, setumpuk 30 kaus setara dengan dua seprai besar plus empat sarung bantal.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini