nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produk Halal Indonesia Siap Bersaing dengan Thailand

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 04 April 2016 14:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 04 320 1353405 produk-halal-indonesia-siap-bersaing-dengan-thailand-xB6wbCWmO7.jpg Industri Keuangan Syariah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mewacanakan pembangunan Kawasan Industri Halal di Indonesia. Kawasan Industri Halal diharapkan mampu menciptakan produk-produk yang bisa bersaing dengan produk luar nantinya.

Direktur Jenderal Pengembangan Perwilayahan Industri (Dirjen PPI) Imam Haryono mengatakan, Thailand sudah mempersiapkan Kawasan Industri Halal dengan target pada 2020 menjadi eksportir ketiga di dunia.

"Kita jangan mau kalah. Kawasan Industri Halal ini akan dibangunkan di Indonesia," ujar Imam di Kantor BKPM, Jakarta, Senin (4/4/2016).

(Baca Juga: Pemerintah Wacanakan Bangun Kawasan Industri Halal)

Menurut Imam, Investasi di Kawasan Industri Halal sangat menjanjikan untuk dibangun di Indonesia. Pasalnya, Indonesia memiliki potensi kuat untuk produknya bersaing dengan produk Thailand nantinya.

"Pasar domestik kita dengan penduduk Indonesia sekira 250 juta sangat besar. Ambillah 80 persen dari itu, maka akan sangat besar sekali produk-produk Kawasan Industri Halal untuk bisa bersaing. Pasar global pun besar, dengan jumlah masyarakat 1,8 miliar orang, diyakini produk halal akan diminati," tuturnya.

Imam menambahkan, Kawasan Industri Halal dimaksudkan untuk menjadikan produk-produk hasil industri Indonesia lebih baik mulai dari bahan baku, packaging dan distribusi yang semuanya dikontrol dengan baik.

"Ini bukan hanya untuk masyarakat muslim, tapi untuk masyarakat nonmuslim tentunya produk akan terkesan lebih baik karena semuanya dikontrol,"ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini