nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Singapura Jadi Negara Asia 'Paling Memabukkan'

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 06 April 2016 05:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 05 320 1354885 singapura-jadi-negara-asia-paling-memabukkan-di-aisa-KUQ55hnfOC.jpg Minuman beralkohol. (Foto: Reuters)

JAKARTA - Keberadaan minuman keras memang tidak bisa lagi dikekang. Pasalnya, industri minuman beralkohol ini menjadi industri yang sangat menarik lantaran pangsa pasar yang besar di hampir semua negara, tidak terkecuali Asia.

Hampir setiap kota di Asia memiliki bar untuk melepaskan stres, bertemu teman-teman dan masyarakat yang akrab dengan keramahan. Namun, negara mana yang menjadi tempat favorit industri minuman beralkohol tersebut. Melansir Forbes, sebuah tim ahli di Asia melakukan survei di 215 tempat yang menjual alkohol tahun ini.

Beberapa negara masuk dalam bidikkan, seperti Hong Kong yang mempunyai beberapa bar yang buka hingga larut malam atau di Manila, di bar distrik Malate, alkohol lebih digemari dari pada minuman unggulan mereka jus mangga Filipina.

Namun, dari semua negara di Asia, surga bagi industri minuman beralkohol adalah Singapura. 154 tim ahli tersebut setuju bahwa Singapura menyisihkan pesaing terdekatnya Tokyo, dengan bar terbaik mereka serta empat dari bar tersebut masuk dalam 10 bar terbaik.

Tim ahli ini menilai dari suasana termasuk mood, tingkat "kreativitas" para bartender dalam mencampur minuman dan umur dari wine yang disajikan. "Jika Anda melihat Asia pada umumnya, Singapura dan Tokyo adalah yang paling maju," kata Editor Asia’s 50 Best Bars Hamish Smith.

Menurutnya, negara bekas koloni Inggris dan pusat keuangan Asia Tenggara ini memanfaat ekspatriat dan wisatawan guna mengembangkan bisnis ini. Mereka mengharapkan tempat yang tepat untuk minum ketika berada di kota atau negara modern.

Pasalnya, negara-negara di Asia cenderung menyuguhkan minuman di restoran sebagai pelengkap makanan. Oleh karena itu, bar, budaya Barat yang masuk ke Asia, akan membuat perbedaan dalam atmosfer tersebut.

"Singapura memiliki budaya yang lebih condong ke Barat. Sementara untuk Bar di Tokyo, mereka memiliki ciri khas tersendiri," tambah dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini