BTN Pastikan Bunga KPR Single Digit di Kuartal IV

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 05 April 2016 19:43 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 05 470 1354918 btn-pastikan-bunga-kpr-single-digit-di-kuartal-iv-gsfcsIonNU.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) tegaskan akan mengikuti anjuran pemerintah yang menginginkan bank memberikan suku bunga kredit di bawah 10 persen.

Direktur BTN Irman Alvian Zahiruddin mengatakan, perseroan memastikan akan ada produk KPR konvensional dengan bunga single digit di kuartal IV-2016. Saat ini pihaknya tengah menggodok upaya tersebut dan memilih produk KPR mana saja yang bisa diturunkan bunga kreditnya. (Baca juga: BTN Bangun 1.000 Rumah untuk PNS)

"Penurunan suku bunga kami sikapi positif. Pertama FLPP bunganya sudah rendah, nah sekarang kami lihat kira-kira produk mana yang kita bisa tawarkan dengan bunga di bawah 10 persen untuk produk KPR. Pak Dirut sudah pastikan kuartal IV sudah bisa. Sekarang sedang digodok, kalau bisa lebih cepat lebih baik," ucapnya di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Irman mengatakan, penurunan bunga kredit KPR tersebut diyakini tidak akan mempengaruhi kinerja keuangan BTN. Juga ada beberapa upaya yang akan dilakukan perseroan, salah satunya meningkatkan fee base income.

"Jika ini kita kurangkan dari mana pendapatan yang akan kami dapatkan. Pembukaan KPR itu 15 tahun ke depan, jadi keuntungan per tahunnya berapa. Ini harus dicari, baik dari biaya dana maupun tingkatkan fee base income kita," imbuhnya.

Sementara untuk Nett Interest Margin (NIM) BTN Herman juga memastikan akan menurun. Pasalnya ada penurunan biaya bunga. (Baca juga: BTN Kesulitan Tembus Pasar Properti Indonesia Timur)

"NIM BTN masih rendah 4,98 persen. Kalau suku bunga diturunkan lalu biaya bunga tidak turun pasti otomatis NIM-nya kecil. Kalau untuk menurunkan NIM cost of fund kita turun," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini