nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kejar Pajak Facebook Cs, Mendag: Harus Fair dengan E-Commerce

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 08 April 2016 17:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 08 20 1357791 kejar-pajak-facebook-cs-mendag-harus-fair-dengan-e-commerce-lvhWsU6oRS.jpg Menteri Perdagangan Thomas Lembong (Foto: Okezone)

JAKARTA - Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak saat ini tengah fokus untuk mengejar pajak beberapa perusahaan IT yang menjalankan usaha di Indonesia. Selain Google yang telah berbentuk badan usaha tetap (BUT), Ditjen Pajak juga mengejar data periklanan dari perusahaan yang masih berstatus representatif office seperti Facebook, Yahoo, dan Twitter hingga ke Singapura.

Menggapai hal ini, Menteri Perdagangan Thomas Lembong mengungkapkan, pemerintah harus bertindak adil terhadap pelaku usaha domestik. Sebab, bebasnya perusahaan asing berbasis IT di Indonesia dari beban pajak menjadi hambatan utama dari pelaku usaha dalam negeri untuk melakukan ekspansi usaha.

"Saya kira Pak Menkeu dan Menkominfo itu kan berfokus pada raksasa-raksasa dari pada e-commerce seperti Google, Facebook dan sebagainya. Jangan sampai tidak fair terhadap pelaku-pelaku domestik," kata Thomas saat ditemui di Alun-alun Indonesia, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

[Baca juga: Sanksi Facebook Cs, BKPM Tunggu Hasil Investigasi Ditjen Pajak]

Namun, lanjut Thomas, pemerintah juga harus fair terhadap perusahaan berbasis IT pada bidang e-commerce. Sebab, tidak adil apabila pemerintah hanya mengejar Facebook cs namun mengabaikan sektor perdagangan elektronik.

"Mereka bisa pasang website di mana saja, mereka bisa beroperasi dimana saja, tapi masih menjangkau pasar kita. Sementara kita kan sudah pasti beroperasi dalam negeri, jadi jangan sampai tidak ada keseimbangan," tegas Thomas.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini