nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantangan Utama Pemerintah Tarik Pajak Facebook Cs

Dedy Afrianto, Jurnalis · Jum'at 08 April 2016 18:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 04 08 20 1357906 tantangan-utama-pemerintah-tarik-pajak-facebook-cs-3Hxk6q4swj.jpg Menteri Perdagangan Thomas Lembong (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak saat ini tengah fokus untuk meningkatkan penerimaan perpajakan pada berbagai sektor. Salah satunya adalah pada sektor e-commerce asing seperti Faceboo, Google, Twitter dan Yahoo.

Namun, saat ini pemerintah masih mengalami kendala mengenai strategi untuk menarik pajak e-commerce di Indonesia, salah satunya adalah bebasnya pelaku usaha asing untuk menjual barang dagangan pada setiap situs.

"(Tantangan pada sektor) e-commerce adalah mereka (e-commerce, Facebook, dan lain-lain) asing bisa pasang website di mana saja, mereka bisa beroperasi di mana saja, tapi masih menjangkau pasar kita," kata Thomas saat ditemui Alun-Alun Indonesia, Grand Indonesia Shopping Town, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

[Baca juga: Kejar Pajak Facebook Cs, Harus Fair dengan E-Commerce]

Untuk Thomas mengharapkan agar pemerintah dapat bekerja lebih keras agar bersikap adil terhadap dunia usaha dalam negeri. Sebab, pengusaha dalam sektor e-commerce dalam negeri akan mengalami kendala apabila pajak yang rencananya akan diterapkan pada sektor ini hanya ditetapkan bagi pelaku usaha dalam negeri.

"Sementara kita kan sudah pasti beroperasi dalam negeri, jadi jangan sampai tidak ada keseimbangan," tandasnya.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini