nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TRIK HEMAT: Gaji Terbatas, Hindari Gonta Ganti Gadget!

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Sabtu 09 April 2016 06:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 08 320 1357550 trik-hemat-gaji-terbatas-hindari-gonta-ganti-gadget-fMgtZy29Tz.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Teknologi yang terus berkembang membuat manusia tidak berhenti melakukan inovasi. Termasuk inovasi alat komunikasi alias ponsel.

Belakangan ini beberapa merek ponsel tersohor meluncurkan gadget edisi terbarunya. Entah kamera yang makin canggih, resolusi gambar yang makin besar atau ukuran ponsel yang makin tipis.

Kalau sudah begini, hasrat gonta-ganti ponsel pun muncul. Namun baguskah kebiasaan ini? [Baca juga: Tips Mengelola Gaji bagi Karyawan Muda]

Perencana Keuangan Freddy Pieloor menyarankan, sebaiknya anda menghindari kebiasaan buruk itu. Kecuali anda memang terlahir dari keluarga yang kekayaannya diramalkan tidak habis sampai tujuh turunan.

"Kalau dia seorang konglomerat sih enggak apa-apa mau ganti-ganti gadget," cetus dia kepada Okezone di Jakarta. [Baca juga: Kiat Aman Hadapi Tanggal Tua]

Tapi kalau pendapatan anda masih terbatas, apalagi masih bergantung gaji bulanan, sebaiknya hindari niatan gonta-ganti ponsel. Sebaiknya prioritaskan dulu kepentingan lain yang lebih mendesak.

"Kalau kita terbatas dan ada yang lebih prioritas dari sekedar gonta-ganti HP saya pikir sangat tidak bijak," tegas dia.

Anda mau hemat? pastikan ganti poonsel hanya karena dua hal. Pertama jika ponsel anda tenggelam di laut dan alasan kedua karena ponsel anda terlindas truk.

Selama ponsel anda masih bisa berfungsi dengan baik, lebih baik gunakan ponsel lama anda. Toh ponsel keluaran terbaru fiturnya hanya berbeda sedikit, ucap Freddy lagi.

"Cuma menang gaya doang jangan sampai saat kita mampu kita kebanyakan gaya tapi pada saat tua kita mati gaya," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini