nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalah dari Thailand, 150 Ribu Gilingan Padi Terancam Gulung Tikar

Raisa Adila, Jurnalis · Selasa 12 April 2016 19:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 04 12 320 1361146 kalah-dari-thailand-150-ribu-gilingan-padi-terancam-gulung-tikar-QUuvQwczoA.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Sebanyak 150 ribu gilingan padi milik petani terancam gulung tikar. Hal ini lantaran para petani kalah saing dengan pabrik beras di Thailand dan Vietnam.

Founder Center for Agriculture and People Support HS Dillon menyatakan, selama ini pemerintah dianggap belum berani memihak petani. Oleh sebab itu, para petani masih hidup dengan susah payah.

"Saya dapat laporan 150 ribu gilingan padi di Indonesia akan gulung tikar karena enggak bisa hadapi pabrik di Thailand," kata Dillon dalam IDX Channel, Selasa (12/4/2016).

[Baca juga: Jokowi Minta Permintaan Petani Tak 'Dipelintir']

Dia menambahkan, selama ini kesulitan Indonesia adalah infrastruktur yang tidak menyentuh daerah pesawahan. Sehingga, harga dari hasil pertanian masih tidak stabil.

"Di Thailand dan Vietnam, jalan raya sudah sampai ke sawah. Di sini truk enggak bisa masuk. Dipalak sama preman," kata dia.

Oleh sebab itu, pihaknya mengapresiasi program Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan infrastruktur. Hal ini dinilai mampu membantu perekonomian petani yang tinggal di pedesaan.(rai)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini