nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masyarakat Berpenghasilan Rendah Bakal Bebas PBB

Fhirlian Rizqi Utama, Jurnalis · Selasa 12 April 2016 15:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 04 12 470 1360783 masyarakat-berpenghasilan-rendah-bakal-bebas-pbb-xZZ5SrdN7E.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) menjadi salah satu kelompok masyarakat yang seharusnya tidak dikenai Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

"Termasuk ke depannya dimungkinkan adanya keringanan dari PBB, sebab MBR itu memang harus bebas PBB," ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Ferry Mursyidan Baldan, usai menghadiri rapat kordinasi di kantor Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Ferry mengatakan, dengan diberlakukannya PBB terhadap MBR, justru akan menambah beban biaya lagi. (Baca juga: Penyederhanaan Izin Berdampak ke Pembangunan Rumah Murah)

"Jangan sampai mereka (MBR) bisa dapat rumah tapi PBB-nya malah tidak sanggup," kata Ferry.

Selain itu Kementerian ATR pun mengaku bakal berkordinasi lebih lanjut Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait pemangkasan tarif Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), karena menyangkut dengan pendapatan daerah. (Baca juga: Menanti Jurus Baru Dongkrak Demand Rumah Murah)

"Diharapkan Kemendagri menyampaikan kepada Pemda karena menyangkut PAD," tuturnya.

Ferry menjelaskan, di Kementerian ATR, tarif tersebut di atur dalam Peraturan Menteri Nomor 14 tahun 2015 tentang persyaratan dan pengenaan tarif terhadap pihak tertentu.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini