Share

Hanya 1 Emiten yang Berhak Masuk Pasar Modal Syariah

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 14 April 2016 20:10 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 14 278 1363233 hanya-1-emiten-yang-berhak-masuk-pasar-modal-syariah-LOWuVDfczK.jpg Ilustrasi pasar modal. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini tengah mendorong masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal. Salah satu caranya dengan menawarkan saham-saham dengan kategori syariah.

Namun menurut Kepala Riset NH Korindo Securities, Reza Priyamba, saham yang bisa masuk dalam kategori syariah sebenarnya hanya satu emiten. Padahal BEI mengklaim ada 318 saham syariah atau 61 persen dari total kapitalisasi pasar saham Indonesia.

"Dari pengamatan kami dari sekira 540 saham yang ada itu baru satu yang benar-benar syariah, yaitu PT Bank Panin Syariah Tbk (PNBS)," tuturnya di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Menurutnya daftar saham-saham syariah yang masuk dalam Jakarta Islamix Index (JII) dan Indeks Saham Syariah (ISSI) sebenarnya tidak benar-benar syairah.

Pasalnya meskipun emiten beroperasi tidak melanggar norma-norma dalam agama islam, serta diperdagangkan dengan sistem syariah namun hampir semua emiten menempatkan dana investasinya di bank konvensional.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini