Kuota Minimarket Garut Ditambah 98 Unit

Koran SINDO, Jurnalis · Jum'at 15 April 2016 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 15 320 1363947 kuota-minimarket-garut-ditambah-98-unit-EoMvwHaUaf.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)


GARUT – Kuota minimarket di Kabupaten Garut ditambah. Berdasarkan SK Bupati 2013 sebelumnya, kuota minimarket di Garut hanya sebanyak 213.

“Per Desember 2015 hingga sekarang, kuotanya ditambah sebanyak 98, sesuai pada pengubahan pada SK Bupati,” kata Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Kabupaten Garut Zatzat Munazat, saat dihubungi kemarin.

Penambahan kuota ter sebut, tambah Zatzat, didasarkan atas kajian dan penghitungan tek nis yang dilakukan oleh Disperindag Kabupaten Garut. Bebe rapa hal yang memengaruhi ber tambahnya kuota ini adalah luas wilayah, jumlah penduduk, dan daya beli masyarakat. “Jumlah penduduk berikut daya beli masyarakat saat ini bertambah.

Berdasarkan kajian yang dilakukan disperindag, maka diputuskan kuota minimarket ditambah,” ujarnya. Penambahan kuota sendiri dilakukan per kecamatan. Dengan demikian, Zatzat memastikan kuota minimarket di setiap kecamatan akan berbeda satu sama lain.

“Itu tadi, masing-masing kecamatan berbeda kuotanya satu sama lain. Kalau satu daerah (kuotanya) pe nuh, tidak mungkin ditambah. Daerah yang masih kosong saja yang kami beri izin,” ucapnya.

Zatzat menyebut, jumlah pasar modern yang berdiri di Garut baru sebanyak 166 minimarket. Dia menegaskan, pengisian kuota minimarket ini tidak bisa dilakukan sembarangan. “Berdasarkan aturan, Perbup Nomor 3/2016, ada aturan yang harus dipenuhi, yaitu persyaratan administrasi tentang ja rak antarminimarket dengan pa sar tradisional.

Pengusaha pun harus menjalin kemitraan bersama masyarakat. Jadi meski ada kuota harus sesuai aturan, bila tidak, sama saja dengan ile gal,” paparnya. Perizinan minimarket, lanjut Zatzat, membutuhkan rekomendasi berupa kajian dinas lain mengenai UPL dan UKL, kajian lingkungan, survey IMB, serta sejumlah koordinasi dengan dinas-dinas terkait lainnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini