nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Percepat Infrastruktur, Bappenas Segera Gelar Musrenbangnas

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 20 April 2016 10:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 20 20 1367603 percepat-infrastruktur-bappenas-segera-gelar-musrenbangnas-oxTQ1IwvMC.jpg Musrenbangnas (Foto: Dedy/Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional akan menyelenggarakan musyawarah rencana pembangunan nasional (musrenbangnas) sejak 20 April hingga 4 Mei mendatang.

Berdasarkan agenda tertulis yang diterima Okezone, musrenbangnas ini akan membahas rencana kerja pemerintah sebagai agenda prioritas. Agenda ini akan dibahas bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Dalam musyawarah ini, ditargetkan akan dapat menghasilkan rencana pembangunan untuk memacu pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Sehingga, nantinya dapat meningkatkan kesempatan kerja dalam rangka menghadapi persaingan pasar bebas pada program Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

[Baca juga: Dumai Bakal Dapat Anggaran Infrastruktur Pelabuhan]

Selain itu, rencana kerja yang dihasilkan untuk diterapkan pada 2017 ditargetkan akan mengurangi kemiskinan dan kesenjangan antar wilayah. Sehingga indeks gini ratio secara nasional nantinya juga dapat menurun apabila dibandingkan gini ratio per September 2015 lalu yang tercatat mencapai 0,40.

Musrenbangnas ini akan dibuka oleh Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil. Rencananya, Sofyan akan memberikan sambutan dengan paparan mengenai rencana kerja pemerintah tahun 2017.

Adapun pendalaman pembahasan akan dilaksanakan per prioritas pembangunan yang melibatkan unsur kementerian atau lembaga dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah pada setiap provinsi.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini