Image

Agar KPR Tidak Ditolak Bank

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 20 April 2016, 16:02 WIB
https img k okeinfo net content 2016 04 20 470 1367904 agar kpr tidak ditolak bank kTsvjPYgaq jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA – Kredit pemilikan rumah (KPR) memerlukan komitmen jangka panjang, oleh karena itu ada banyak hal yang harus dicermati sehingga keputusan untuk memanfaatkan fasilitas KPR merupakan keputusan tepat yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda. Berikut beberapa tips agar KPR Anda tidak ditolak.

1. Pilih lokasi perumahan yang bagus. Aplikasi KPR Anda kemungkinan besar akan ditolak jika lokasi properti tidak dilewati jalan yang lebarnya kurang dari dua mobil. Begitu juga bila lokasi properti Anda ada di sebelah kuburan.

2. Hindari properti konflik. Aplikasi KPR bisa ditolak jika properti yang Anda beli status hukumnya masih belum pasti karena merupakan properti konflik. Oleh karena itu, sebelum membeli properti, pastikan dulu bahwa properti itu tidak sedang berada di bawah konflik.

3. Besar cicilan kurang dari 30 persen jumlah penghasilan per bulan. Semakin besar cicilan yang Anda bayar, semakin besar penghasilan yang harus Anda dapatkan per bulan. Kalau besar cicilan Anda adalah kurang dari 30 persen dari penghasilan, risiko yang ditanggung bank kalau Anda sampai tidak bisa membayar cicilan adalah kecil. Oleh karena itu, aplikasi KPR Anda akan lebih mudah disetujui bank.

4. Jangan pernah memiliki riwayat buruk atas kredit. Jika Anda pernah melakukan kredit, entah itu kredit barang atau pembelian properti lainnya, maka jangan sampai pernah menunggak atau bermasalah karena pihak bank akan selalu melakukan BI checking saat menerima pengajuan pinjaman perumahan Anda.

5. Suratnya lengkap. Pastikan properti Anda mempunyai kelengkapan surat. Di antaranya sertifikat hak milik (SHM), atau sertifikat hak guna bangunan (SHGB). Kemudian harus ada izin mendirikan bangunan (IMB) dan kewajiban pajak untuk properti itu sudah dipenuhi (PBB).

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini