nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bank Sentral Eropa Belum Mau Suntik Dana Bantuan

Danang Sugianto, Jurnalis · Jum'at 22 April 2016 08:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 04 22 213 1369604 bank-sentral-eropa-belum-mau-suntik-dana-bantuan-AbnwA8AKZw.gif Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Gubernur European Central Bank (ECB) atau Bank Sentral Eropa Mario Draghi menegaskan, bahwa pihaknya belum melakukan pembahasan dengan para perbankan Eropa terkait penyuntikan dana bantuan langsung atau yang disebut-sebut sebagai helicopter money, guna untuk meningkatkan perekonomian di Eropa.

"Kami belum benar-benar berpikir atau berbicara tentang hal itu. Ini konsep yang sangat menarik, tapi kita belum mempelajari itu," katanya seperti dilansir dari CNBC, Jumat (22/4/2016).

Pada hari Kamis kemarin waktu setempat, ECB tetap mempertahankan kebijakan moneternya setelah memberikan kejutan menetapkan langkah-langkah bulan lalu untuk meningkatkan ekonomi zona euro.

Namun dengan tingkat inflasi yang masih rendah, perkiraan ECB belum mau menggunakan helicopter money semakin kuat. Sepertinya ECB belum akan menyuntikkan uang tunai langsung ke ekonomi riil Eropa.

Kemarin juga ECB juga menyatakan bahwa pihaknya akan mulai membeli obligasi korporasi sebagai bagian dari program pelonggaran kuantitatif pada bulan Juni. Pembelian akan dilakukan atas nama ECB untuk bank nasional Belgia, Jerman, Spanyol, Perancis, Italia dan Finlandia.

Pembelian akan berlangsung di pasar primer dan sekunder. Agar memenuhi syarat, instrumen harus dalam mata uang euro dan memiliki peringkat kredit minimal BBB- atau setara. Mereka juga harus memiliki sisa jangka antara enam bulan dan 30 tahun pada saat pembelian.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini