6 Tips Dasar Entrepreneur untuk Menjamin Kamu Menjadi Jutawan

Agregasi Senin 25 April 2016 05:19 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 22 320 1369884 6-tips-dasar-entrepreneur-untuk-menjamin-kamu-menjadi-jutawan-xjcE8065a5.jpg (Foto: Halomoney)

JAKARTA - Menjadi seorang entrepreneur merupakan sebuah pilihan. Memang ada beberapa orang yang tampaknya sangat berbakat dan sukses sebagai seorang entrepreneur, namun bukan berarti orang lain juga tidak bisa sukses dong.

Ada beberapa tips untuk menjadi seorang entrepreneur sejati dan bisa membuat kamu menjadi soerang jutawan atau lebih. Kisa kamu menerapkannya apabila kamu ingin mencobanya. Nah, sebelum penasaran, yuk simak kelima tips tersebut berikut ini.

1. Pantang menyerah pada keadaan

Salah satu ciri entrepreneur sejati adalah tidak mudah menyerah sekalipun banyak mengalami kegagalan. Pencipta bohlam lampu yang sangat bermanfaat bagi kehidupan kita saat ini, Thomas A. Edison, gagal menciptakan bohlam lampu hingga lebih dari seribu kali sebelum akhirnya menemukan formula yang pas. Sebagai tambahan, ia mengatakan bahwa ia bukannya gagal, tetapi ‘mengetahui 1000 cara lain yang bukan mengarah kepada kesuksesannya’.

Baca juga: 5 Alternatif Cara Menyatukan Pengurusan Keuangan bagi Pasangan Baru Menikah!

2. Siap ambil risiko gagal

Menjadi seorang entrepreneur berarti siap mengambil risiko. Sama seperti roda yang berputar, ada saatnya kamu berada di ‘atas’ dan berada di ‘bawah’. Begitu pula dengan bisnis. Ada saatnya kamu akan dihadapkan pada pilihan berisiko yang malah berakhir dengan kegagalan besar. Namun, bukan berarti kamu harus takut pada risiko tersebut. Carilah cara untuk meminimalisir risiko kegagalan, dan belajarlah dari pengalaman apabila memang akhirnya gagal.

 

3. Dengarkan suara konsumenmu

Jika cara menjadi atasan yang baik adalah mau mendengarkan suara bawahanmu, maka cara menjadi entrepreneur yang baik adalah mau mendengarkan suara konsumenmu. Dengarkan apa yang mereka sukai dan apa yang tidak mereka sukai dari produkmu, dan apa yang mereka harapkan untuk kamu terapkan pada bisnis kamu. Cobalah memposisikan dirimu di pihak konsumen agar kamu bisa lebih mudah membayangkannya.

Baca juga: 7 Tips Keuangan JItu Bagi Pasangan yang Akan Menikah!

4. Jeli melihat peluang

Entrepeneur juga jeli melihat peluang yang ada. Sebagai contoh, jeli melihat permasalahan yang sering timbul di masyarakat dan kamu bisa menciptakan solusi untuk permasalahan tersebut sebagai inti bisnis kamu. Selain itu, kamu juga perlu mendengarkan suara konsumen atau calon konsumenmu seperti yang diterangkan pada tips sebelumnya agar bisnis kamu bisa bisa berhasil.

5. Punya perencanaan dan visi jauh ke depan

Sebagai seorang entrepreneur, setidaknya kamu perlu punya bayangan akan dibawa ke mana bisnismu nantinya. Memang tidak harus membuat perencanaan yang terperinci karena kenyataan sering tidak sejalan dengan rencana, namun kamu perlu visi yang jelas agar bisnismu secara perlahan mengarah sesuai dengan tujuan tersebut.

6. Fokuslah pada passion kamu

Tips terakhir, terutama jika kamu adalah entrepreneur pemula, carilla bidang yang sesuai dengan minat dan passion kamu. Kebanyakan entrepreneur sukses karena bergelut di bidang yang menjadi passion mereka. Kalau kamu punya passion, kamu akan lebih mudah tahan banting dan selalu berpikir inovatif atas bisnis yang kamu miliki.

Nah, kalau kamu sudah mengetahui berbagai tips dasar untuk menjadi seorang entrepreneur sejati. Mulailah berhemat dan menabung untuk mulai mengumpulkan modal usaha. Kalau kamu tidak ingin menggunakan tabungan, kamu bisa juga memanfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) untuk memulainya.

Gunakan situs perbandingan produk keuangan seperti HaloMoney.co.id untuk mempermudah kamu melakukannya.

Artikel ini pertama kalinya dipublikasikan oleh:

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini