Share

Alasan BUMN Rusia Dilibatkan Bangun Kilang Tuban

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 27 April 2016 19:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 04 27 320 1374361 alasan-bumn-rusia-dilibatkan-bangun-kilang-tuban-xeSCwqPR1M.jpg Ilustrasi : Shutterstock

JAKARTA - Setelah membawa CEO Rosneft, Igor Ivanovich untuk bertemu dengan Menteri ESDM Sudirman Said di Kementerian ESDM, sore ini Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto kembali membawa Igor untuk bertemu dengan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Dalam pertemuan ini, Dwi mengungkapkan bahwa Rosneft, salah satu perusahaan asal Rusia ini merupakan kandidat kuat untuk menjadi partner Pertamina dalam membangun kilang di Tuban.

Lantas, apa yang menyebabkan pemerintah begitu yakin untuk menggandeng Rosneft?

Rini Soemarno mengungkapkan, alasan utama pemerintah yakin terhadap Rosneft adalah karena perusahaan asal Rusia ini telah memiliki pengalaman untuk membangun 11 kilang diberbagai negara.

[Baca juga: Bangun Kilang Tuban, BUMN Rusia Siap Bantu Pertamina]

"Karena mereka telah membangun 11 refinery di Italia, China, dan tempat-tempat yang lain. Sehingga saya juga meminta kalau bisa kita juga dapat kemungkinan untuk mengembangkan sumber daya manusia," kata Rini di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (27/4/2016).

Dengan begitu, selain pembangunan kilang Tuban, diharapkan Rosneft juga dapat melakukan transfer teknologi kepada Indonesia dalam pembangunan kilang.

"Jadi saya juga mengharapkan karena Rosneft memiliki pengalaman dalam bidang teknologi, tentunya kita berharap juga mereka dapat berbagi dalam bidang teknologi," tukasnya.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini