nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Warren Buffett: Tidak Ada Bubble dalam Real Estat

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Selasa 03 Mei 2016 05:41 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 02 470 1378565 warren-buffett-tidak-ada-bubble-dalam-real-estat-w8aAGrEpq4.jpg Warren Buffett (Foto: Huffington Post)

NEW YORK - Investor saham nomor satu dunia, Warren Buffett, mengatakan sekarang adalah saat yang tepat untuk membeli rumah, meskipun harganya tidak sebagus empat tahun lalu. Namun, Buffett berpikir kemungkinan harga rumah sudah anjlok hingga menjadi sangat rendah.

"Saya sama sekali tidak melihat gelembung nasional dalam real estat saat ini," kata Buffett pada pertemuan tahunan Berkshire Hathaway di Omaha, seperti dilansir dari laman Fortune, Selasa (3/5/2016).

Dia menegaskan, tidak ada satupun orang baik itu di kampung halamannya, Omaha, atau negara lainnya membeli real estat dengan harga yang melonjak tajam.

"Di Omaha dan bagian lain dari negara orang tidak membayar harga gelembung (bubble) untuk real estat," sebutnya.

Sebelumnya Buffett pernah menanggapi pertanyaan tentang bank, ketika itu dia mengatakan telah fikiran derivatif adalah ‘bom waktu’. Tapi ketika mengarah kepada kredit perumahan dan hipotek, Buffett mengatakan, sementara real estat pernah bermasalah pada 2008, dia tidak berpikir bahwa akan menjadi sumber masalah berikutnya bagi sistem keuangan. "Saya tidak berpikir kita akan memiliki mengulangi itu," jelasnya.

Dalam surat tahunan Berkshire 2012, Buffett merekomendasikan perumahan sebagai aset yang nilainya tidak akan mampu naik. Buffett menuturkan perumahan tidak sebaik kesepakatan ketika tahun 2012, akan tetapi, dia tidak berpikir perumahan tampak mahal harganya sekarang. Harga nasional di AS telah banyak pulih dan sekarang berdiri di dekat tempat mereka lakukan pada 2007. Beberapa analis telah memperingatkan harga perumahan tetap anjlok.

(dhe)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini