Kondisi Ekonomi Konsumen Meningkat

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 04 Mei 2016 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 04 320 1380134 kondisi-ekonomi-konsumen-meningkat-duaxhHUTWl.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)


JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Tendensi Konsumen (ITK) pada triwulan I-2016 sebesar 102,89 berarti kondisi ekonomi konsumen meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

Kepala BPS Suryamin mengatakan, peningkatan kondisi ekonomi konsumen disebabkan oleh meningkatnya pendapatan, relatif rendah pengaruh inflasi terhadapa tingkat konsumsi, dan meningkatnya tingkat konsumsi.

"Ini terjadi karena adanya peningkatan kondisi ekonomi konsumen di 25 provinsi, sementara 8 provinsi mengalami penurunan. Terdapat 12 provinsi dari 33 provinsi di seluruh Indonesia yang memiliki angka indeks di atas nasional. Provinsi yang memiliki nilai ITK tertinggi adalah Maluku (109,96) dan yang terendah ITK nya adalah Bangka belitung,"tutur Suryamin di Kantor BPS Pusat, Jakarta, Rabu (4/5/2016).

Indeks Tendensi Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan ekonomi konsumen terkini yang dihasilkan Badan Pusat Statistik melalu sSurvei Tendensi Konsumen (STK). ITK merupakan yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan dan perkiraan triwulan mendatang.

Jumlah sampel STKN pada triwulan I-2016 sebanyak 13.463 rumah tangga di seluruh provinsi di Indonesia. Pemilihan sampel dilakukan secara panel antar triwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu.

Mulai Triwulan I-2015 dilakukan penyempurnaan metode pwncacahan dan perhitungan ITK. Responden STK dipilih pada strata blok sensus kategori sedang dan tinggi berdasarkan wealth index dan merupakan subsampel dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas khusus di daerah perkotaan).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini