nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musrenbangnas Momentum Perbaiki Sistem Birokrasi

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 11:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 11 20 1385361 musrenbangnas-momentum-perbaiki-sistem-birokrasi-Mrr4LWck9x.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi menutup acara Musyawarah Rencana Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2016 yang dilaksanakan pada 20 April hingga 9 Mei 2016.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Bappenas Sofyan Djalil mengatakan, musrenbangnas menjadi ajang untuk terus memperbaiki sistem birokrasi mulai dari perencanaan hingga enggaran yang selama ini dianggap belum optimal.

"Kita terus mencari format supaya acara musrengbang tahun-tahun ke depan akan lebih efektif dan dapat menangkap seluruh aspirasi dari daerah," kata Sofyan di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Sofyan mekanjutkan, pelaksanaan musrenbangnas 2016 juta menjadi ajang komitmen bagi para pejabat baik pusat maupun daerah terhadap perencanaan pembangunan ke depannya.

"Kita semua menyadari ada permasalahan perencanaan pembangunan selama ini yang sekarang atas perintah Presiden pendekatan fungsi menjadi money follow program," tambahnya.

Menurut Sofyan, sebelum diberlakukannya skema money follow program banyak program kerja pemerintah yang sama antara satu dengan yang lainnya atau duplikat program.

"Akibat money follow function juga kita tahu dana tersebar luas, sekarang ini kita koreksi misalnya dengan dana infrastruktur akan lebih difokuskan untuk mencapai program prioritas," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini