nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemda Usul Program di RKP 2017 Senilai Rp780 Triliun

Hendra Kusuma, Jurnalis · Rabu 11 Mei 2016 12:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 11 20 1385396 pemda-usul-program-di-rkp-2017-senilai-rp780-triliun-kJTZtk1Anx.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Sofyan Djalil mengatakan, usulan program pembangunan yang berasal dari pemerintah daerah yang masuk dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2017 telah mencapai Rp780 triliun.

Sofyan menilai, angka usulan tersebut merupakan usulan berbagai macam proyek pembangunan yang diajukan oleh pemerintah daerah. Akan tetapi, kata Sofyan, seluruh usulan tersebut akan dipilah kembali dan difokuskan kepada program yang lebih prioritas.

"Tahun ini total usulan mencapai senilai Rp780 triliun dari daerah saja, padahal anggaran operasional saja tidak sampai angka tersebut, maka dari itu harus dipilih kembali," kata Sofyan di Komplek Istana, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Sofyan melanjutkan, dalam proses penyusunan RKP 2017 telah mengalami berbagai perbaikan salah satunya finalisasi berbagai proses yang akan diubah dengan basis elektronik.

"Proses penyususnan RKP 2017 kita perbaiki dari sebelumnya, yang pertama multiral meeting dan kemudian memberikan sistem yang disebut sistem informasi multiral meeting, ini langkah awal menuju e-planning, e-budgeting, mudah-mudahan 2018 kita sudah bisa menerapkan e-planiing dan e-budgeting," tambahnya.

Sofyan menyebutkan, pemilihan program-program priortas dari total yang telah diusulkan pemerintah daerah kepada pemerintah pusat diharapkan tidak terulang kembali pada RKP 2018.

"Untuk 2018 penekanannya adalah bagaimana mengekfektifkan belanja dengan program prioritas pengembangan industri, pariwisata dan infrastruktur, akibatnya nanti beberapa KL mendapatkan tambahan anggaran yang cukup signifikan, semua program dan anggaran yang multiyear dijamin sehingga tidak ada program yang sedang berjalan bisa berhenti," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini