Share

Rizal Ramli: Kami Malu dengan Malaysia!

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 11 Mei 2016 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 320 1385846 rizal-ramli-kami-malu-dengan-malaysia-QGZ0Aa3l1D.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli mengungkapkan keheranannya dengan negara-negara pengimpor gas dari Indonesia. Pasalnya, negara seperti Malaysia dan Taiwan saat ini justru lebih sejahtera apabila dibandingkan dengan Indonesia. Padahal, negara ini merupakan pengimpor gas dari Indonesia.

"Jadi sekitar sebulan lalu kami berkunjung ke Kuala Trenggano, Malaysia. Kami malu datang ke sana. Industri petrokimia di sana berkembang pesat, padahal gas yang dipakai Malaysia itu 40 persen dari kita," cerita Rizal dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Namun, Malaysia berhasil memanfaatkan gas menjadi produk Petrokimia yang kemudian di ekspor ke Indonesia. Artinya, Indonesia membeli kembali produk hasil kekayaan dari alam di negeri sendiri.

Taiwan pun juga melakukan hal yang sama dengan Malaysia. Padahal, Taiwan saat ini merupakan pemain industri petrokimia terpercaya ke 3 di dunia.

[Baca juga: Soal Blok Masela, Rizal Ramli: Cetek Banget Kalau Mikir Darat atau Laut]

"Taiwan itu pemain industri petrokimia nomor 3 di dunia, padahal gasnya dari kita dan diubah jadi bahan plastik," jelas Rizal.

Untuk itu, Indonesia butuh pembangunan infrastuktur pada sektor energi dan industri. Pasalnya, hal ini akan memberikan efek langsung bagi ekonomi masyarakat jangka panjang.

"Kalau sedot lalu ekspor, dapatnya hanya USD 2,5 miliar per tahun. Kalau bangun industri langsung dapatnya USD 6 hingga 8 miliar per tahun," pungkasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini