Share

Rizal Ramli Sebut Gas Jadi Bahan Dasar Mobil hingga Rumah

Dedy Afrianto, Okezone · Rabu 11 Mei 2016 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 11 320 1385906 rizal-ramli-sebut-gas-jadi-bahan-dasar-mobil-hingga-rumah-YACq2sBvCp.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Gas Indonesia selama ini telah di ekspor ke bebagai negara. Namun, hal ini justru memberikan dampak negatif bagi Indonesia. Pasalnya, gas dari Indonesia diolah menjadi produk petrokimia hingga bahan dasar produk lainnya.

Menurut Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Sumber Daya Rizal Ramli, selama ini industri petrokimia di Indonesia telah tertinggal apabila dibandingkan dengan negara lain. Padahal, Indonesia memiliki potensi gas yang besar dari berbagai negara.

"Bisa dilihat. Produk petrokimia itu bisa menjadi baju, sepatu, mobil. Itu bahannya ya dari produk petrokimia. Lalu Packaging, hingga rumah itu juga 20 persen produknya dari gas," kata Rizal di kantornya, Jakarta, Rabu (11/5/2016).

Untuk itu, lanjutnya, gas di Indonesia seharusnya tidak diekspor dalam produk mentah. Gas ini dapat digunakan untuk pengembangan berbagai industri di Indonesia. [Baca juga: Rizal Ramli: Kami Malu dengan Malaysia!]

"Jangan hanya sedot lalu ekspor. Kita harus dirikan industri untuk meningkatkan nilai gas kita," jelas Rizal.

Untuk diketahui, saat ini pemerintah sepakat untuk membangun infrastruktur di berbagai daerah. Khususnya infrastuktur pada sektor energi, hal ini dapat meningkatkan nilai penerimaan negara hingga 300 persen.

"Kalau sedot lalu ekspor, dapatnya hanya USD2,5 miliar per tahun. Kalau bangun industri langsung dapatnya USD6 hingga 8 miliar per tahun," tukasnya. (kmj)

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini