nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjualan Minuman Beralkohol Dunia Anjlok dalam 20 Tahun

Danang Sugianto, Jurnalis · Senin 16 Mei 2016 06:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 15 320 1388979 penjualan-minuman-beralkohol-dunia-anjlok-dalam-20-tahun-E0fG4fDUtD.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Penjualan minuman alkohol (miras) dunia jatuh pada tahun 2015 untuk pertama kalinya sejak perusahaan riset pasar Euromonitor International mulai menyimpan catatan pada 2001.

Melansir CNN, Euromonitor International untuk pertama kalinya mencatat pertumbuhan konsumsi minuman beralkohol dunia di 2015 mengalami penurunan sebesar 0,7 persen. Ini merupakan penurunan tingkat konsumsi alkohol pertama kalinya dalam hampir 20 tahun.

Padahal, dalam belasan tahun ini tingkat konsumsi minuman beralkohol dunia setiap tahunnya selalu tumbuh. Bahkan pada 2005 konsumsi minuman beralkohol dunia tumbuh hingga hampir 5 persen.

Kendati begitu, transaksi penjualan minuman beralkohol yang menggunakan dolar meningkat 2 persen di 2015. Hal itu menunjukkan bahwa penurunan disebabkan oleh anjloknya penjualan minuman beralkohol di negara-negara berkembang.

 [Baca juga: Singapura Jadi Negara Asia 'Paling Memabukkan']

Seperti China, negara yang dikenal paling banyak penenggak miras tingkat konsumsi alkoholnya menurun 3,5 persen. Hal itu lantaran pengaruh dari perlambatan pertumbuhan ekonomi di negara tersebut.

Kemudian, tingkat konsumsi minuman beralkohol di Brasil juga mengalami penurunan 2,5 persen. Hal itu lantaran penurunan pertumbuhan ekonomi dan permasalahan politik karena adanya korupsi.

 [Baca juga: Arak Indonesia Berpotensi Ekspor ke Korsel]

Kemudian untuk tingkat konsumsi minuman beralkohol di negara Eropa Timur juga menurun drastis sebesar 4,9 persen. Hal itu disebabkan adanya peperangan antara Rusia dengan Ukraina yang menghantam industri di negara Eropa Timur.

Tercatat, penjualan jenis minuman beralkohol yang turun paling besar yakni Rum dan Vodka. Sementara premiun gin dari Inggris, wiski Irlandia, wiski Jepang dan bir hitam meningkat penjualannya.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini