Akan Ada Pemangkasan Anggaran Kedua, Ini Kata Menkeu

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2016 21:27 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 18 20 1392030 akan-ada-pemangkasan-anggaran-kedua-ini-kata-menkeu-y7hvKnsML4.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru saja menandatangi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2016 tentang Langkah-langkah Penghematan dan Pemotongan Belanja Kementerian/Lembaga (K/L). Dalam kebijakan ini, diputuskan untuk melakukan pemangkasan anggaran belanja hingga Rp50 triliun.

Namun, saat ini pemerintah kembali berencana untuk melakukan pemangkasan anggaran. Kementerian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional pun saat ini mengaku telah memiliki penghitungan khusus mengenai pemangkasan anggaran jilid dua.

Namun, Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro mengungkapkan bahwa saat ini pemerintah belum berencana untuk melakukan pemangkasan anggaran jilid dua. Saat ini, pemerintah masih ingin fokus untuk melalukan pemangkasan anggaran seperti inpres yang baru saja diteken Jokowi pada 12 Mei lalu.

"Pokoknya sekarang fokus ke yang Rp50 triliun, Inpres-nya udah keluar. Titik," tegas Bambang saat ditemui usai Sidang Tahunan Islamic Development Bank di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Untuk diketahui, pemangkasan anggaran belanja ini dilakukan sebagai antisipasi dari tidak tercapainya target penerimaan negara. Pasalnya, hingga saat ini RUU Tax Amnesty tak kunjung mendapatkan lampu hijau dari DPR dan masih dilakukan pembahasan pada tingkat Panita Kerja (Panja).

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini