Nielsen: Konsumen Mulai Yakin dengan Ekonomi Indonesia

Danang Sugianto, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2016 17:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 18 320 1391764 nielsen-konsumen-mulai-yakin-dengan-ekonomi-indonesia-NzXsG8Bnfh.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)


JAKARTA - Hasil Global Survey of Consumer Confidence and Spendingh Intentions yang dirili oleh Nielsen menunjukan bahwa Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Indonesia meningkat di kuartal I-2016. Tercatat IKK Indonesia di kuartal IV-2015 dilevel 115 kini meningkat menjadi 117.

Kenaikan IKK Indonesia lebih disebabkan karena pengaruh kebijakan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi berkali-kali semala kuartal I-2016. Penurunan harga BBM cukup mempengaruhi optimisme konsumen terhadap perkonomian Indonesia.

"Membuka tahun ini, pemerintah mengumumkan kebijakan untuk menurunkan harga BBM dan itu mendorong berkurangnya kekhawatiran konsumen sehingga keyakinan konsumen meningkat," kata Managing Director Nielson Indonesia Agus Nurdin di Mayapada Tower, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Agus menjelaskan, ada tiga indikator IKK pada konsumen online Indonesia yang meningkatm yakni dalam hal lapangan pekerjaan dalam 12 bulan ke depan meningkat dari 66 persen menjadi 67 persen. Optimisme konsumen tentang keuangan pribadi juga meningkat 5 poin dari 77 persen menjadi 87 persen.

Sementara lebih dari setengan konsumen atau 52 persen menyatakan bahwa mereka memiliki niat untuk berbelanja barang yang diinginkan ata dibutuhkan meningkat 7 poin dari kuarta sebelumnya yakni 45 persen.

"Kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga BBM disambut baik oleh konsumen dan itu berdampak pada peningkatan optimisme konsumen di berbagai hal," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini