nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Bakal Bangun Permukiman Multikultur di Ambon

ant, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2016 12:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 20 470 1393342 presiden-bakal-bangun-permukiman-multikultur-di-ambon-Wh6KoGFXsA.jpg Ilustrasi (ambon.go.id)

AMBON - Presiden Joko Widodo akan mencanangkan pembangungan permukiman multikultur dalam rangka menjadikan Maluku sebagai laboratorium kerukunan umat beragama.

Hal tersebut ditindak lanjuti oleh Gubernur Maluku Said Assagaff. Dia menuturkan, saat ini pihaknya tengah melakukan proses pencarian lahan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat untuk membangun permukiman tersebut.

"Saya telah mengarahkan Dinas PU untuk cari lahan, Raja Negeri Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, dan Tella Tuanellay telah menawarkan lahan seluas 10 hektare untuk membangun permukiman multikultur itu," kata Said, di Ambon, Jumat (20/5/2016).

Dia mengemukakan, perkampungan multikultur itu nantinya akan dilengkapi dengan lokasi kebun binatang yang membutuhkan lahan seluas dua hektare. Rencananya perkampungan itu akan diresmikan pada 2018.

"Saya sudah dijanjikan Ketua Perhimpunan Kebun Binatang Se-Indonesia (PKBSI) Rahmat Shah untuk menyumbangkan sejumlah binatang bila fasilitas tersebut telah dibangun," ujar Gubernur.

Dia mengemukakan, Presiden Joko Widodo sebelumnya telah berjanji untuk meresmikan perkampungan kerukunan umat beragama yang diprogramkan dibangun pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku di Pulau Ambon.

"Presiden saat berjalan ke pesawat di Bandara Internasional Pattimura Ambon pada 6 Oktober 2015 menyatakan kesediaannya meresmikan permukiman yang warganya dari semua komunitas agama maupun suku di Tanah Air, bila telah rampung pembangunannya," kata Gubernur.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini