nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lebak Siap Diserbu Investor Perumahan

ant, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2016 18:16 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 05 20 470 1393652 lebak-siap-diserbu-investor-perumahan-c9BLif55Qh.jpg Ilustrasi

LEBAK - Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) Kabupaten Lebak, Banten, siap menerima investor pengembang perumahan guna mendukung percepatan pembangunan di daerah setempat.

"Kami memberikan kemudahan proses perizinan bagi investor yang ingin menanamkan modalnya di Lebak," kata Kepala Bidang Penanaman Modal BPMPPT Kabupaten Lebak Muchtar Lubis di Lebak, Jumat (20/5/2016).

Saat ini, investor pengembang perumahan di Kabupaten Lebak melirik kawasan "Kota Kekerabatan Maja", karena ditunjuk pemerintah sebagai daerah pengembangan permukiman yang menampung warga DKI Jakarta.

Pengembangan permukiman di daerah itu, karena ketersediaan lahan untuk perumahan cukup luas. Untuk itu, Pemerintah daerah memberikan kemudahan proses perizinan bagi pengusaha properti yang berinvestasi di kawasan permukiman KKM.

Bahkan, perusahaan properti besar, seperti PT Maja Citra Gemilang dan PT Ciputra Development Tbk akan membangun ribuan unit rumah. Saat ini, PT Ciputra Development Tbk, melalui anak usahanya PT Ciputra Residences telah membangun perumahan Citra Maja Raya.

"Kami yakin permukiman perumahan itu dapat menampung jutaan warga DKI Jakarta," katanya.

Dia mengatakan, mereka para penghuni perumahan tersebut akan dilayani angkutan Kereta Listrik (KRL) Commuter Line dengan rel ganda (double treck) rute Maja-Jakarta yang telah dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Perjalanan Maja-Jakarta memakan waktu perjalanan selama 1,5 jam dengan jarak 70 kilometer. Kehadiran perusahaan properti itu akan berdampak terhadap meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat, selain itu bisa menyerap lapangan pekerjaan baru bagi warga.

Saat ini, pengembang properti cukup berkembang di Kabupaten Lebak karena permintaan pasar cukup tinggi sehubungan menggeliatnya pembangunan.

Selain itu, juga jumlah penduduk terus bertambah sehingga memerlukan kawasan perumahan.

"Kami berharap investor pengembang properti terus bertambah di Lebak, termasuk di Kota Kekerabatan Maja," katanya.

Ketua DPD REI Provinsi Banten Soelaeman Soemawinata mengatakan pihaknya optimistis investor pengembang perumahan akan melirik kawasan KKM jika terpenuhi sarana prasarana infrastuktur jalan tol, KRL Commuter Line, jaringan listrik, jaringan air bersih dan pusat perdagangan.

"Saya menilai perumahan akan berkembang jika terpenuhi infrastuktur itu," katanya.

Sementara itu, sejumlah warga Kabupaten Lebak mengaku kehadiran pengembang yang membangun perumahan dipastikan meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.

Masyarakat saat ini bisa bekerja di perumahan-perumahan sebagai asisten rumah tangga, petugas keamanan, perawat taman, kebersihan dan pedagang.

"Kami mendukung investor properti bisa mengembangkan usaha di Lebak karena bisa meningkatkan kesejahteraan warga," katanya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini