Share

Menkeu Ungkap Penyebab Lahirnya 'Surga Pajak'

Dedy Afrianto, Okezone · Senin 23 Mei 2016 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2016 05 23 20 1395679 menkeu-ungkap-penyebab-lahirnya-surga-pajak-MGiYxGjj3b.jpg Ilustrasi : Reuters

JAKARTA - Negara 'surga pajak' selama ini menjadi momok utama bagi pemerintah dalam hal peningkatan penerimaan negara. Pasalnya, banyak pengusaha yang memutuskan untuk melarikan hartanya dari Indonesia demi menghindari pajak.

Menurut Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro, lahirnya negara surga pajak seperti Panama atau British Virgin Island ini disebabkan oleh kebutuhan mendesak dari pengusaha yang terhimpit oleh persaingan. Besarnya modal yang dibutuhkan oleh pengusaha dinilai menjadi alasan pengusaha untuk enggan membayar pajak dan menempatkan dana yang dimiliki pada negara-negara bebas pajak.

[Baca juga: Soal Panama Papers, Indonesia Bukan Surga dan Neraka Pajak]

"Karena terjadi persaingan global pajaknya lari ke tempat lain. Inilah yang akhirnya menimbulkan surga pajak," jelas Bambang dalam acara International Conference on Tax, Investment and Business 2016 di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (23/5/2016).

Untuk itu, kata Bambang, pemerintah bersama berbagai negara internasional tengah bekerjasama untuk memeriksa data perpajakan. Kerja sama terwujud melalui Automatic Exchange of Information yang berlaku efektif bagi Indonesia sejak tahun 2018 mendatang.

"Dengan begitu tidak lagi akan ada transaksi di luar pengawasan pemerintah," tukasnya.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini