nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Saatnya Indonesia Bangun PLTN!

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2016 11:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 24 320 1396316 sudah-saatnya-indonesia-bangun-pltn-y2PX47jocu.jpg Ilustrasi: Reuters

JAKARTA - Kementerian ESDM saat ini tengah didorong untuk membangun pembangkit listrik dengan energi baru terbarukan. Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengimbau Kementerian ESDM untuk mempertimbangkan agar membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN).

Nasir mengatakan, dalam perkembangan teknologi saat ini banyak negara-negara yang sudah mulai bergeser menggunakan PLTN sebagai sumber listriknya. PLTN juga dinilai sebagai pembangkit listrik yang paling aman.

"Nuklir itu very safety, sangat aman. Teknologi yang berkembang sudah generasi keempat. Ini teknologi yang berkembang," katanya di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (24/5/2016).

(Baca Juga: Tunggu Keberanian Pemerintah, PLN Siap Operasikan PLTN)

Selain itu menurut Nasir, PLTN juga lebih efisien dibanding pembangkit listrik lainnya ketika sudah beroperasi. Meskipun pada saat pembangunan dibutuhkan biaya investasi yang terbilang besar.

"Kalau kita katakan murah dibandingkan yang lain itu sekutar 18 sen per kWh, kalau PLTN itu sekira 3,5 sen per kWh, artinya lebih murah. Memang investasi awal mahal, satu pembangkit mungkin sekitar Rp30-40 trilun," imbuhnya.

Selain itu, Nasir juga menilai Indonesia juga memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang teknologi nuklir yang cukup besar. Sehingga tidak perlu repot-repot mencari SDM asing untuk mengoperasikannya.

"ITB punya jurusan nuklir, UGM juga. Hasilnya sekarang malah ke Jepang dan ke Rusia. Pertanyaannya apakah Indoensia bergeser ke power plant (nuklir) itu tergantung Kementerian ESDM," pungkasnya.

(dni)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini