nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangkas Capex, Holcim Akan Bangun Pabrik Semen di Lampung

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2016 18:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 26 320 1398627 pangkas-capex-holcim-akan-bangun-pabrik-semen-di-lampung-TMv7GaOC5s.jpg Ilustrasi Semen. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Holcim Indonesia Tbk (SMCB) tahun ini sepertinya akan lebih irit dalam menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex). Pasalnya pabrik semen terbaru milik perseroan di Tuban, Jawa Timur telah rampung dibangun.

Direktur Utama Mark Schmidt mengatakan, perseroan akan menganggarkan capex tahun ini jauh lebih rendah dari capex di tahun-tahun sebelumnya. Sementara di 2015 Holcim Indonesia menghabiskan capex sebesar Rp1 triliun.

"Capex kami lebih rendah tahun ini. Jauh, bahkan sangat jauh dari tahun lalu," tuturnya di Gedung 165, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Meski enggan menyebut berapa besaran capex yang disiapkan, Mark mengungkapkan bahwa dana capex sebagian besar akan digunakan untuk membangun penampungan semen (terminal) di Lampung yang sudah rampung pada April 2016. Diperkirakan dana yang dibutuhkan untuk membangun terminal semen tersebut mencapai Rp300 miliar.

"Kami bangun di Lampung karana kami baru selesai bangun pabrik semen kedua di Tuban. Itu untuk didistribusikan ke Sumatera, nah terminal di Lampung akan menjadi center distribution di wilayah Sumatera," imbuhnya.

Sementara untuk sumber pendanaan, perseroan hanya menggunakan dana internal. Mark mengaku, sebab perseroan di capex tahun sebelumnya sudah melakukan pinjaman ke perbankan guna membangun pabrik semen Tuban 2 yang menghabiskan dana sebesar USD300 juta.

"Sebelumnya kita bangun pabrik Tuban banyak butuh dana dari bank. Tapi setelah beroperasi, ada dana pemasukan dari operasional. Jadi capex kami dari internal saat, itu sudah siklus," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini