nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sampai Kapan Rupiah Melemah? Menkeu: Tergantung The Fed

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 30 Mei 2016 15:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 05 30 278 1401352 sampai-kapan-rupiah-melemah-menkeu-tergantung-the-fed-XzbtV2QkSN.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah di awal pekan ini kembali melemah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah tembus di kisaran Rp13.600-an per USD.

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro memastikan, pelemahan nilai tukar Rupiah masih disebabkan oleh gejolak dunia dan isu kenaikan suku bunga The Fed.

"Iya inikan gejolak global," kata Bambang di Komplek Istana, Jakarta, Senin (30/5/2016).

(Baca Juga: Rupiah Tembus Rp13.600, Enggak Apa-Apa)

Bambang melanjutkan, pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap dolar AS tidak terlalu dalam jika dibandingkan dengan mata uang negara regional lainnya.

"Ya itukan relatif masing-masing, tetapi utamanya sama penyebabnya," tambahnya.

Menurut Bambang, diperkirakan pelemahan nilai tukar mata uang Rupiah terhadap dolar AS akan bergantung dengan beredarnya isu kenaikan suku bunga yang dilakukan oleh bank sentral AS.

(Baca Juga: The Fed Selalu Jadi Bahan Spekulasi)

Yang penting, sambung Bambang, pemerintahan kabinet kerja harus tetap menjaga fundamental perekonomian nasional.

"Katanya kemungkinan sampai Juli naikin, nanti kita lihatlah inikan hanya masalah rumor saja," tandasnya.

Diketahui, Analisis MNC Securities Victoria Venny mengatakan, pergerakan Rupiah masih dibayangi oleh sentimen rencana kenaikan suku bunga The Fed.

"Kemungkinan besar Rupiah akan terdepresiasi karena masih belum ada sentimen dalam negeri. Terdepresiasi sama dolar karena mendekati rencana kenaikan Fed Fund Rate," katanya.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah perdagangan Spot Exchange Rate di pasar Sia, melemah 56 poin atau 0,41 persen ke level Rp13.643 per USD. Adapun pergerakan harian Rupiah berada dikisaran Rp13.612 sampai Rp13.648 per USD.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini