nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Marak Apartemen, Harga Tanah di Surabaya Naik 700%

Koran SINDO, Jurnalis · Selasa 31 Mei 2016 14:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 05 31 470 1402228 marak-apartemen-harga-tanah-di-surabaya-naik-700-Yc1ejCCoQu.jpg Ilustrasi: Okezone

SURABAYA - Harga tanah di beberapa tempat di Kota Pahlawan kini melejit. Kenaikan harga nilai jual objek pajak (NJOP) tersebut terkerek pembangunan apartemen yang mulai menyebar di berbagai kawasan di Kota Pahlawan.

Di Surabaya Timur, harga tanah di kawasan Gunung Anyar kini naik tajam setelah beberapa apartemen berdiri. Dulu harga tanah hanya berkisar Rp1 juta per meter persegi (m2) kini naik menjadi Rp7 juta per m2. Demikian juga dengan harga rumah yang ada di kawasan tersebut ikut naik.

Sales and Marketing Director PT Cowell Joy D Langgo menuturkan, pihaknya juga kaget ketika banyak warga yang ditemui di sekitar Puri City memberikan informasi kalau harga tanah kini naik tajam. “Ini efek domino yang terjadi ketika ada pembangunan,” ujar Joy.

Dia melanjutkan, kawasan di pinggiran Surabaya juga ikut terdongkrak. Kalau dulu Surabaya hanya ramai di tengah kota, saat ini banyak pilihan warga untuk berlibur atau mencari hunian yang layak di kawasan pinggir.

“Apartemen juga banyak yang memberikan layanan mal serta tempat hangout bagi warga. Jadi tidak perlu ke pusat kota lagi,” katanya.

Di Apartemen Puri City, misalnya, pembangunannya dijadikan satu dengan mal. Luas mal yang mencapai 29.000 m2 itu terdiri dari tiga lantai. Konsep pembangunannya juga dirancang lebih ramah lingkungan serta mudah diakses warga.

“Apalagi nanti akan jadi lintasan midle east ring road (MERR) IIC sehingga akses langsung bisa dicapai dengan cepat tanpa harus kena macet,” ucapnya.

Chief Operational Officer (COO) PT Cowell Development Tbk Wahyu Hartanto menambahkan, prospek apartemen sepanjang tahun ini cukup bagus, makanya tidak kesulitan untuk menemukan pembeli.

Perbaikan ekonomi nasional juga terus membaik sehingga geliat properti ikut terangkat. Di Apartemen Puri City, lokasi yang dekat dengan pusat pendidikan serta Bandara Juanda menjadi alasan para konsumen untuk membeli.

Banyak para konsumen itu merupakan mahasiswa serta kelompok profesional muda. “Ini saja untuk Tower B Apartemen Puri City sudah terjual 60 persen. Sementara untuk Tower A sudah sold out ,” katanya.

Apartemen di atas mal, katanya, juga menjadi favorit masyarakat. Sebab, aktivitas bisa padat dan banyak pusat lifestyle. Kalau apartemen sepi tentu penghuni yang ada di dalamnya merasa tidak nyaman.

“Dari 340 unit, 75 persen merupakan tipe studio yang paling banyak diminatipara profesional muda saat ini,” tambahnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini