nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkeu: Wisata Belanja Dapat Atasi Pengangguran di Indonesia

Dedy Afrianto, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2016 10:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 01 320 1403146 menkeu-wisata-belanja-dapat-atasi-pengangguran-di-indonesia-L7QvmsErnS.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Pariwisata selalu identik dengan belanja. Hal inilah yang ditekankan oleh Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro sembari mengkritik bahwa selama ini industri pariwisata di Indonesia kerap kali melupakan sektor wisata belanja.

Menurut Bambang, industri pariwisata di Indonesia saat ini masih kalah jauh dibandingkan negara tetangga. Padahal, Indonesia memiliki banyak potensi dari kekayaan alam dan budaya untuk dapat dijual kepada turis asing.

"Dengan Malaysia, Thailand, Singapura, sekarang kita kalah jauh dari mereka. Jadi dalam konteks tourism yang penting adalah wisata belanja, atau oleh-oleh. Ini terkadang sering dilupakan oleh pelaku bisnis tanah air yang menganggap tourism sekadar pemandangan indah," kata Bambang dalam acara Dhawafest di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

[Baca juga: Menkeu Tak Mau Pariwisata RI Kalah dengan Singapura dan Malaysia]

Menurut Bambang, apabila wisata belanja ini nantinya adalah dikembangkan, maka hal ini dapat meningkatkan jumlah lowongan kerja di Indonesia. Tak hanya itu, wisata belanja ini juga dapat mengurangi angka kemiskinan apabila dikelola secara profesional.

"Dalam konteks ekonomi kita sekarang yang terpenting bagaimana kurangi kemiskinan dan pengangguran," jelasnya.

Untuk mendukung sektor usaha wisata makanan, maka perlu peningkatan kredit khusus bagi pelaku UKM. Hal inilah yang menjadi alasan bagi pemerintah untuk menurunkan suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) dari 9 persen pada tahun ini menjadi 7 persen pada tahun 2017 mendatang.

"Maka mau tidak mau adalah menambah usaha, kredit meningkat itu akan menggairahkan ekonomi," tukasnya.

(rai)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini