nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sertifikasi Halal Penyebab Produk Ekspor Indonesia Kalah di Timteng

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2016 15:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 01 320 1403426 sertifikasi-halal-penyebab-produk-ekspor-indonesia-kalah-di-timteng-4woIeCswQw.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)


JAKARTA - Perwakilan Kamar Daging dan Industri (Kadin) Timur Tengah mengungkapkan produk-produk Indonesia kurang kompetitif untuk bisa bersaing dengan produk-produk luar lainnya di wilayah Timur Tengah.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta W Kamdani menuturkan, berdasarkan informasi perwakilan Kadin di Timur Tengah, penyebab utama produk Indonesia kalah bersaing adalah sertifikasi halal.

"Kadin Timur Tengah telah melakukan perjanjian kerjasama ICCI di mana terdapat negara OKI sebanyak 58 negara. Diungkapkan bahwa produk Indonesia kalah bersaing karena adanya keterlambatan halal food bila dibandingkan dengan negara-negara ASEAN lainnya," tutur Shinta dalam Press Conference di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Kadin di Timur Tengah melihat pentingnya sertifikasi halal food untuk produk Indonesia. Pasalnya, yang dibutuhkan saat ini adalah penyesuaian minat masyarakat timur tengah.

"Karakteristik perdagangan di Timur Tengah itu lebih kepada pendekatan pribadi. Dalam mendorong barang unggulan selama ini kita hanya memamerkan barang dan kita pikir sudah saatnya kita memamerkan barang dengan apa yang mereka butuhkan, terutama soal standar halal food," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini