nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sertifikasi Halal Baiknya Ditangani Lembaga Profesional Bisnis

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 01 Juni 2016 15:43 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 01 320 1403487 sertifikasi-halal-baiknya-ditangani-lembaga-profesional-bisnis-1CfAzpquiV.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)


JAKARTA - Sertifikasi 'Halal Food' menjadi salah satu masalah bagi produk-produk Indonesia untuk bisa bersaing di pasar global. Padahal, Indonesia memiliki Badan Sertifikasi Nasional (BSN), yang mencap bahwa produk itu halal dan tidak,

Namun, BSN saja sepertinya tidak cukup, karena pada dasarnya proses pemberian sertifikasi halal harus mengajukan diri pada proses di Majelis Ulama Indonesia (MUI)

"Business Partnership Group memandang bahwa proses halal food di Majelis Ulama Indonesa suatu yang kompleks, ruwet dan panjang waktunya," ujar Anggota Kadin Bidang Hubungan Internasional Wahyuni Bahar dalam Press Conferece di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Rabu (1/6/2016).

Menurutnya, proses sertifikasi halal sebaiknya diserahkan kepada organisasi yang profesional dalam bidang bisnis. Pasalnya, negara seperti Malaysia maju produk-produknya karena proses sertifikasi halal yang cepat.

"Produk halal di sertifikasi di luar oleh negara Islam juga dengan sistem lebih baik, tapi kenapa di Indonesia kita sertifikasi ulang? Ini menjadi banyak komentar dan menjadi PR kita," tuturnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini