nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perkotaan Topang Ekonomi, BI: Perlu Masterplan Smart City

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 02 Juni 2016 16:21 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2016 06 02 470 1404600 perkotaan-topang-ekonomi-bi-perlu-masterplan-smart-city-id6xYqPNmG.jpg Ilustrasi: Shutterstock

JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi ke depan akan didorong oleh perkotaan. Untuk itu, Bank Indonesia (BI) menilai perlu adanya masterplan pengembangan smart city di Indonesia.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, berdasarkan data ADB, 80 persen pertumbuhan ekonomi di Asia didorong oleh perkotaan. Pembentukan masterplan diungkapkan dalam rapat koordinasi antara pemerintah pusat, daerah dan lembaga. (Baca juga: Memasuki Era Smart City)

"Perlu ada masterplan untuk pengembangan smart city," kata Agus, Kamis (2/6/2016).

Sebagai informasi, konsep smart city atau kota cerdas kini mulai diterapkan di berbagai kota besar di Indonesia. Konsep ini merupakan impian bagi kota-kota di Indonesia karena diyakini bisa menyelesaikan berbagai masalah perkotaan seperti kemacetan, penumpukan sampah, dan keamanan warga kota. (Baca juga: Kawasan Smart City Mulai Dikembangkan)

Konsep kota cerdas ini mengetengahkan sebuah tatanan kota yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan tepat. Beberapa kota besar di Indonesia yang sudah menerapkan konsep smart city ini antara lain Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Malang.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini