Share

Produk Palsu Ada di Segala Lini, mulai Software hingga Baju

Dhera Arizona Pratiwi, Okezone · Kamis 09 Juni 2016 14:58 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 09 320 1410516 produk-palsu-ada-di-segala-lini-mulai-softwere-hingga-baju-4sdYk6QaH3.gif Ilustrasi: (Foto: Okezone)

TANGERANG - Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM menyebutkan segala bentuk pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) tidak hanya saja terjadi pada Hak Cipta, melainkan juga terjadi di segala lini produk.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Salmon Pardede mengatakan, selama ini pembajakan identik dengan piranti lunak (software) saja. Padahal, bila ditelaah lebih dalam, ada banyak produk atau barang yang dijajakan di pusat perbelanjaan, juga ada yang melanggar HKI, terutama hak merek (merek dagang).

Bahkan, dia menyampaikan, beberapa tahun lalu pihaknya pernah menindak produk pakaian jadi dengan merek terkenal asal Inggris yang ternyata diijual palsu atau berupa bajakan. Dijajakan pada salah satu outlet terkenal di Jakarta.

"Pembajakan ini di segala lini, pembajakan seperti pakaian, enggak tahu orisinil atau tidak. Produk satu merek asal Inggris di outlet, di outlet sendiri tahu itu tempat bagus, ternyata baju itu palsu," ucapnya di Bandara Soetta, Cengkareng, Kamis (9/6/2016).

Selain itu, dia mengungkapkan, ada juga beberapa kasus pelanggaan HKI lainnya yang sudah masuk ke ranah hukum. Salah satunya kasus pembajakan hak merek (merek dagang) untuk produk dupa. Dupa ini bermerek Darshan dan negara orisinilnya adalah India.

"Tahun ini di Bali untuk pelanggar hak merek, sudah kita limpahkan ke pengadilan, tetapi orangnya DPO," ucapnya.

Kemudian, pada 2013 ada juga kasus pelanggaran hak merek (merek dagang) untuk casing handphone di Batam. Kasus ini sudah masuk ke dalam ranah hukum.

"Kasus casing handphone di Batam, kita sidak pada 2013, sudah disita dan proses kita kirim ke pengadilan," katanya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini