Biayai 5 Pemda, SMI Siapkan Dana Rp1,155 Triliun

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 09 Juni 2016 21:55 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 09 320 1410936 biayai-5-pemda-smi-siapkan-dana-rp1-155-triliun-zrdIa4n20S.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) menyebutkan sudah ada sejumlah pemerintah daerah (pemda) yang menyatakan minatnya untuk memperoleh fasilitas pembiayaan infrastruktur dari SMI. Ada lima pemda yang proposal pinjamannya sudah disetujui oleh SMI.

Direktur Pembiayaan dan Investasi SMI, Edwin Syahruzad mengungkapkan, lima pemda tersebut antara lain Pemprov Sumatera Barat, Pemkab Konawe, Pemkab Gianyar, Pemkab Jayapura, dan Pemprov Papua. Rencana pembiayaan kelima pemda tersebut nilainya mencapai Rp1,155 triliun.

"Kita sekarang offerring letter ke lima pemda, antara lain Jayapura, Sumbar, Gianyar, Konawe, Provinsi Papua," ujarnya saat diskusi bersama awak media di Wisma GKBI, Jakarta, Kamis (9/6/2016).

Dari kelima pemda tersebut, dia mengungkapkan, pemkab Konawe, Sulawesi Tenggara lebih dulu akan menandatangani perjanjian kredit. Adapun bentuk proyek yang akan difasilitasi pembiayaannya adalah pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang rencana pembiayaannya mencapai Rp231,974 miliar.

 [Baca juga: SMI Tawarkan Fasilitas Pembiayaan ke Daerah]

"Dari lima offering letter tadi, kita akan capai penandatanganan dalam satu bulan ke depan dengan Konawe. Konawe duluan akan tanda tangan perjanjian kredit," ucap dia.

Direktur Utama SMI, Emma Sri Martini menyampaikan, proyek-proyek yang diajukan oleh sejumlah pemda tersebut bergantung pada kebutuhan pemda itu sendiri. Syarat pengajuan untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan untuk pemda tersebut juga harus tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan harus sudah disetujui oleh DPRD.

"Juga sudah disetujui DPRD untuk pinjaman tersebut, sebab cicilannya dari APBD, sehingga perlu persetujuan. Juga memberikan nilai dampak ekonomi terhadap wilayah tersebut," pungkasnya.

Sekadar informasi, berikut rincian lima pemda yang proposal pinjamannya sudah disetujui oleh PT SMI:

1. Pemprov Sumatera Barat, Sumatera Barat

Proyek: Irigasi

Rencana pembiayaan: Rp211 miliar

2. Pemkab Konawe, Sulawesi Tenggara

Proyek: RSUD

Rencana pembiayaan: Rp231,974 miliar

3. Pemkab Gianyar, Bali

Proyek: RSUD

Rencana pembiayaan: Rp150 miliar

4. Pemkot Jayapura, Papua

Proyek: Jalan

Rencana pembiayaan: Rp237,900 miliar

 

5. Pemprov Papua, Papua

Proyek: RSUD

Rencana pembiayaan: Rp325 miliar

Total: Rp1,155 triliun

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini