nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BI Setuju Anggaran Dipangkas Rp70 Triliun

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Jum'at 10 Juni 2016 15:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 10 20 1411649 bi-setuju-anggaran-dipangkas-rp70-triliun-xcH7KiHm1T.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengaku sepakat dengan rencana pemerintah memangkas anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 sebesar Rp70 triliun. Besaran pemangkasan ini naik.

"Secara umum pemerintah sudah usul potong anggaran ke Rp70 triliun, sebelumnya Rp50 triliun itu juga baik, karena penerimaan negara terpengaruh oleh kondisi ekonomi dunia yang lebih lemah sehingga berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia," kata Gubernur BI Agus DW Martowardojo, Jumat (10/6/2016).

Namun, pihaknya belum bisa menyampaikan dampak pemotongan anggaran ke pertumbuhan ekonomi. Dia menilai, ada baiknya jika menunggu postur APBN-P 2016 selesai.

"Saya lebih cenderung untuk postur biar diselesaikan dulu. Nanti kita akan sampaikan pandangan kita.‎ Kalau kemarin BI sampaikan proyeksi pertumbuhan ekonomi 5 sampai 5,4 persen, kita nanti lihat bagaimana pembahasan terakhir, karena terakhir di sepakati 5,1 persen, kami melihat itu keputusan yang bijaksana," tukas dia.

Sebelumnya, Pemerintah telah memutuskan untuk memangkas anggaran sebesar Rp50,6 triliun. Keputusan ini sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 4 Tahun 2016 yang memutuskan untuk memangkas anggaran nonprioritas.

Beberapa kementerian pun terkena imbas dari pemangkasan anggaran ini, termasuk di antaranya Sekretariat Kabinet (Setkab) yang dipangkas sebesar Rp30 miliar. Namun, pemangkasan anggaran ini dipastikan tidak akan mempengaruhi kinerja pemerintah. Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menjamin pemangkasan anggaran ini tidak akan mempengaruhi kualitas pelayanan dari masing-masing instansi pemerintah, termasuk Setkab.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini