nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tax Amnesty Diyakini Angkat Bunga Bank hingga Saham

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Senin 20 Juni 2016 19:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2016 06 20 20 1420442 tax-amnesty-diyakini-angkat-bunga-bank-hingga-saham-2p89DDfQaB.jpg Ilustrasi : Okezone

JAKARTA - Rancangan Undang-Undang Tax Amnesty belum juga disahkan. Padahal, tax amnesty digadang-gadang bisa menarik ribuan triliun dana yang parkir di luar negeri.

Direktur CITA (Center for Indonesia Taxation Analyst) Yustinus Prastowo menuturkan, pemerintah menargetkan dana repatriasi tax amnesty mencapai Rp3.000 triliun, dengan rincian Rp1.000 triliun dana masuk dari luar dan sisanya pengampunan pajak di dalam negeri.

Dia menuturkan, banyak yang akan terjadi ketika tax amnesty berhasil. Nilai tukar rupiah akan sangat kuat dan suku bunga bank bakal terlampau rendah.

 [Baca juga: Menkeu Yakinkan Pengusaha soal Kerahasiaan Data Tax Amnesty]

"Rupiah akan kuat, bunga akan turun, ekspor bisa terganggu dalam jangka pendek karena rupiah menguat dan harga barang enggak akan kompetitif, nilai saham bursa akan sangat kuat," katanya dalam Talkshow yang digelar MNC Asset Management bersama MNC Securities di Akmani Hotel, Senin (20/6/2016).

Untuk itu, sebelum tax amnesty diterapkan dan membuat saham melambung terlalu tinggi, dia menyarankan investor untuk membeli saham sekarang. Pasalnya, ketika tax amnesty diterapkan permintaan saham akan naik sehingga memicu nilai saham menanjak.

"Aksi untuk beli, setelah tax harga saham akan lebih tinggi dan demand-nya akan lebih tinggi," tukas dia.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini