nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Brexit Tak Berpengaruh Langsung ke Harga Minyak Mentah

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 27 Juni 2016 14:47 WIB
https: img.okeinfo.net content 2016 06 27 320 1426328 brexit-tak-berpengaruh-langsung-ke-harga-minyak-mentah-9EScl6pwck.jpg Ilustrasi minyak mentah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Indonesia Untuk Opec Widhyawan Prawiraatmadja memastikan harga minyak dan produksi minyak di dunia tidak terpengaruh dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit). Ini sifatnya hanya pada psikologi nilai tukar Rupiah saja.

"Stok minyak juga tidak berubah. Ini kan keluarnya dua tahun setelah itu, ini efek psikologis saja, dari segi minyak enggak ada," ujarnya di Kementerian ESDM Jakarta, Senin (27/6/2016).

Mantan Kepala Unit Pengendalian Kinerja (UPK) Kementerian ESDM ini menambahkan, keluarnya inggris dari Uni Eropa lebih mengarah pada mata uang dan sifat perubahannya sementara.

"Kalau biasanya dolar AS menguat harga minyak turun, kalau dolar melemah, harga minyak naik. Ini psikologis dan sementara saja. Nanti juga balik lagi,"tuturnya.

Untuk diketahui, Harga minyak hari ini turun 0,5 persen. Hal ini lantaran keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) memicu aksi jual tajam di pasar global pada Jumat kemarin.

Melansir Reuters, Seni (27/6/2016) minyak mentah Brent di London untuk pengiriman Agustus LCOc1 turun 24 sen ke USD48,17 per barel pada hari Minggu waktu setempat, setelah sebelumnya turun USD2,50 atau 49 persen pada USD48,41 per barel.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini