nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rp16 Triliun Disiapkan Khusus untuk Pembebasan Lahan

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2016 15:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2016 06 29 20 1428442 rp16-triliun-disiapkan-khusus-untuk-pembebasan-lahan-UvsbdrtRvr.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dalam postur asumsi Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016 diputuskan adanya alokasi pembiayaan investasi khusus untuk pengadaan tanah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur. Alokasi anggaran yang tersebut sebesar Rp16 triliun.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan, alokasi pengadaan tanah akan diberikan pada BLU Lembaga Manajemen Aset. Lembaga ini dikhususkan untuk mengurusi masalah pengadaan tanah yang selama ini anggarannya menjadi masalah dalam pembangunan infrastruktur.

"Anggaran Rp16 triliun untuk memudahahkan Kementerian PUPR dalam proses pengadaan tanah. Rp16 triliun ini untuk pengadaan tanah dalam pembangunan tol di Sumatera, Jawa dan sebagaian tol di Jabodetabek. Jadi tidak ada pengadaan tanah menggunakan angaran kementerian lagi," ujar Bambang di Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (29/6/2016).

Menurut Bambang, adanya BLU Manajemen Aset yang mengurusi soal tanah membuat kinerja pembangunan infrastruktur lebih efisien. Artinya, bila ada kebutuhan dana untuk pembebasan lahan yang tiba-tiba, anggaran tanah sudah ada dan bisa dipakai.

"Kalau Kementerian PUPR butuh dana dadakan untuk pembebasan lahan tidak lagi mesti ubah anggaran dasar. Bisa pakai dana pengadaan tanah di BLU. Kalaupun nantinya pengadaan lahan dibeli developer dulu, BLU akan menggantinya," ujarnya.

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini