PT Djarum Bagikan THR Rp85 Miliar

Koran SINDO, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2016 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 29 320 1428299 pt-djarum-bagikan-thr-rp85-miliar-oVejDfXRjH.jpg Ilustrasi : Okezone

KUDUS โ€“ PT Djarum Kudus membagikan tunjangan hari raya (THR) kepada puluhan ribu karyawannya kemarin. Total tunjangan yang dicairkan kepada sekitar 52.000 buruh di perusahaan rokok ini Rp85,924 miliar.

Puluhan ribu karyawan PT Djarum tersebut tersebar di sejumlah wilayah, seperti Kudus, Jepara, Pati, dan Rembang. Pembagian THR ini dilakukan melalui puluhan unit kerja milik PT Djarum. Senior Manager Public Affairs PT Djarum Kudus Purwono Nugroho menegaskan, semestinya THR dibayarkan pada H-7 Lebaran atau akhir Juni tahun ini. Namun, pihaknya sengaja membagikan THR lebih awal dari jadwal. PT Djarum berharap uang THR ini dapat digunakan karyawan sebelum terjadi kenaikan harga barang- barang yang lazim terjadi menjelang Lebaran.

โ€œKalau sudah mendekati Lebaran harga naik maka penggunaannya tidak maksimal,โ€ ujar Purwono di sela-sela pembagian THR di brak Pengkol, Kudus kemarin. Menurut Purwono, jumlah THR yang diterima masing-masing buruh tahun ini lebih besar dibanding tahun lalu. Hal itu menyesuaikan dengan nominal THR yang mengacu pada Upah Minimum Kabupaten (UMK) Kudus tahun ini yang besarnya Rp1.608.200 per bulan. โ€œJadi tiap tahun THR pasti lebih besar karena nominal UMK juga terus meningkat,โ€ ucapnya.

Disinggung mengenai libur Lebaran, produksi berhenti mulai 4-10 Juli 2016. Meski begitu, pihaknya tetap menghormati tradisi yang tumbuh di tengah masyarakat Kudus. Misalnya, tradisi Syawalan yang jatuh H+7 Lebaran. Kepala Dinsosnakertrans Kudus Lutful Hakim menerangkan, hingga kemarin pihaknya belum menerima aduan dari buruh atau kelompok buruh soal pembayaran THR. Pihaknya berharap tak ada gejolak pembayaran THR terlebih saat H-7 Lebaran.

(rai)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini