Share

TERPOPULER : Rizal Ramli Hentikan Pembangunan Pulau G di Teluk Jakarta

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2016 07:26 WIB
https: img.okezone.com content 2016 06 30 470 1429627 terpopuler-rizal-ramli-hentikan-pembangunan-pulau-g-di-teluk-jakarta-oVNnbYyICM.jpg Rizal Ramli (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, akhirnya memutuskan pembatalan pembangunan Pulau G di lepas pantai Teluk Jakarta. Pulau reklamasi tersebut dibatalkan lantaran teridentidikasi pelanggaran dengan kategori berat.

"Komite gabubang dan para menteri sepakat bahwa Pulau G masuk dalam pelanggaran berat," kata Rizal di Gedung BPPT, Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Rizal menyebutkan, jika reklamasi pada Pulau G diteruskan, maka akan merusak lingkungan hidup di sekitar lepas pantai Teluk Jakarta. Apalagi, di bawah proyek reklamasi terdapat jaringan kabel listrik milik PT PLN (Persero). (Baca juga: Soal Reklamasi, Intiland Tetap Berkiblat pada DKI Jakarta)

 

"Ini juga mengganggu lalu lintas kapal nelayan," tambahnya.

Rizal menyebutkan, reklamasi Pulau G telah memberikan masalah terhadap para nelayan, apalagi para nelayan yang biasa bulak-balik di Muara Angke, sangat terganggu dengan keberadaan proyek reklamasi tersebut.

Tidak hanya itu, kata Rizal, pembatalan proyek reklamasi pada Pulau G ini karena pembangunannya yang sembarangan tanpa memperhatikan ekosistem yang ada. (Baca juga: Jakarta Tak Perlu Direklamasi)

"Jadi kesimpulan kami, contoh pelanggaran pulau G kami putuskan untuk dibatalkan untuk waktu seterusnya," tutupnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini