Hadapi Arus Balik, Pertamina Siapkan SPBU Bayangan di Brebes hingga Cikampek

Dedy Afrianto, Jurnalis · Sabtu 09 Juli 2016 18:09 WIB
https: img.okezone.com content 2016 07 09 320 1434551 hadapi-arus-balik-pertamina-siapkan-spbu-bayangan-di-brebes-hingga-cikampek-LNesmY8uAS.jpg Ilustrasi SPBU milik Pertamina. (Foto: Okezone)

JAKARTA - PT Pertamina telah menyiapkan beberapa langkah krusial untuk menghadapi arus balik Lebaran 2016, khususnya untuk wilayah-wilayah padat arus balik. Brebes, Tegal, dan Cikampek yang menjadi titik pertemuan jalur dari Selatan, Utara, dan Timur menjadi fokus perhatian.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan Pertama Pertamina akan menambah armada mobil tangki BBM berikut awak mobil tangki sebanyak 25 pasangan untuk dapat secara bergantian beroperasi 24 jam.

Kedua, penambahan jumlah petugas juga dilakukan pada operasional Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM), termasuk petugas lapangan, pemantauan stok, dan kondisi lalu lintas.

โ€œKetiga, Pertamina juga menambah cadangan BBM berbagai jenis di SPBU hingga maksimal. Keempat, BBM dalam kemasan yang sempat jadi favorit pemudik, juga akan diperbanyak hingga lebih dari 55 KL serta mempersiapkan pengisian ulang sedekat mungkin dengan titik-titik pasokan atau penjualan,โ€ jelas dia, Sabtu (9/7/2016).

Selanjutnya, Mobil dispenser BBM sebagai "SPBU bayangan" yang pada masa mudik lalu beroperasi tiga unit, yaitu Pintu Masuk Tol Brebes Timur, Pertigaan Pantura Pejagan, Pertigaan Pantura Ketanggungan-Jatibarang yang berisi 6.000 liter, 10.000 liter dan 16.000 liter Pertamax.

Selain itu, juga akan ada di rest area Jakarta Cikampek KM 49-50 dan, dan standby di bahu jalan tol Brebes dan Cikampek dengan pengawalan kepolisian. Dia menambahkan, mobil pick up dan pasukan motor yang telah terbukti andal melawan kemacetan, juga akan diperbanyak.

Terakhir, Pertamina akan bekerja sama dengan kepolisian untuk dapat menambah kekuatan personel untuk pengawalan distribusi BBM, termasuk penjagaan dan pengaturan di SPBU, seperti mencegah pedagang eceran BBM liar.

Beberapa rute armada yang dinilai memerlukan pengawalan khusus meliputi TBBM Tegal ke arah Brebes Pantura, TBBM Tegal ke arah Prupuk-Tonjong-Bumiayu, TBBM Tegal ke arah Pemalang karena melawan arus balik, TBBM Balongan ke Brebes Pantura dan Pejagan-Klonengan, TBBM Maos arah Buntu-Tambak-Sumpiuh- Gombong-Karang Anyar-Kebumen-Kutowinangun-Prembun-Kutoarjo-Butuh-Purworejo karena melawan arus balik.

Serta TBBM Rewulu arah Purworejo-Butuh-Kutoarjo-Prembun-Kutowinangun-Kebumen-Karang Anyar-Gombong. Pendistribusian BBM ini nantunya akan dikawal ketat oleh pihak kepolisian.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini